Jumat, 10 Agustus 2012

Perpisahan Dua Sahabat




S
aat itu, aku masih menyusuri sebuah lorong yang teramat sempit, bermain dengan teman, tanpa memikirkan apa yang sebenarnya akan terjadi pada hari yang akan ku jelang…
Hari itu masih berselimut kabut, ketika aku menatap kepedihan di mata adikku, Reifa. Dia menangis semalam karena kucing kesayangannya pergi entah kemana. Mungkin Reifa mencari Mayo (nama kucing kesayangannya) sampai ke kota seberang.
Saat itu pula ibuku berteriak tidak karuan, “Reifaaaa!!! Ini tu mestinya kamu udah mandi, kok belum mandi??? Mau sampai kapan mikirin Mayo ??? ntar Mayo balik sendiri, dia kan kucing…”  “Aku bakalan mikirin Mayo sampai Mayo ketemu.. titik...”
Terdengar suara lain menimpali,
 “Memangnya kamu punya kekuatan pikiran?? Bisa nyuruh pulang gitu aja, kucing lagi.. Sudah, besok Ayah belikan lagi”
“Ga mau!! Pokoknya Mayo harus pulang!!” adikku mogok ngapa-ngapain sebelum Mayo pulang.. ngliatin kaya’ gituan mulu eneg aku... “Rei, Mayo udah punya pacar, soalnya dia udah gede, makanya dia jarang pulang” kata ku asal-asalan supaya adik 5 tahun ku ini mau ke sekolah.
Tapi....
“Kok kakak udah gede belum pacaran?? Lagian kalo’ pacaran emangnya enga’ pulang ke rumah??” tanya adikku polos, aku terang saja kaget, aku tadi Cuma asal ngomong, tapi dianggap serius sama adik kecil ku... Aku Cuma bisa bilang, “kalo dunianya kucing sama dunianya manusia itu beda. Nah yang aku omongin tadi itu buat dunianya si Pus, bukan dunianya Rei...” udah dibilangin kaya’ gitu tetep aja si Rei nggak ngerti apa yang aku omongin. Ya udah reflek aja aku gemes sama adikku yang baru lima tahun itu, ku cubit pipinya, adikku triak, ibuku juga ikutan triak, “Ruifa!!!! Kamu apain Reifa, sampe jerit-jerit gitu lho!!” sebelum ibuku tambah ngomel-ngomel ndak karuan sama aku, aku langsung ngibrit ke halte bis, lari sambil pamitan, “Aku berangkat!!” aku ngak berani nengok ke belakang, meski ndak ada apa-apa sih....

Sampe di halte bis paling awal.. Huft, kaya’nya masih nunggu lama banget. Selagi nuggu bis sekolah dateng, aku sempetin baca tulisan rangkuman yang aku buat semalem buat ujian Fisika hari ini, “kalau nilaiku Fisika jeblok lagi, aku bakalan kehilangan liburan musim panas ku tahun ini... Gawat!!!!” kataku dalam hati.
Setengah jam kemudian........
“Fa!! Wah.. kebisaaan nih, belajar di halte bis, emangnya di rumah ga’ bisa belajar??” suara itu kedengaran seperti guruh di pagi hari yang cerah, bin terang benderang. Reflek aku nengok ke arah datangnya suara “Eh... Pak Nico, pagi pak!! Maaf, belajar di halte, soalnya kalo di rumah di krecokin sama adek mulu..”ceritaku ke pak Nico. “Oh... begitu ya, dulu sewaktu bapak masih sekolah, seumuran kamu, bapak juga punya adik kecil, tapi aneh nya, adik kecil bapak itu malah ikut belajar, jadi kita belajar bareng.. Sekarang, adik kecil bapak itu sudah besar dan jadi guru juga di sekolah yang sama pula dengan bapak..”
“Lho?? Berarti guru Ruifa juga donk pak?? Siapa??”  
“Hehe.... Dia itu guru yang mengajar pelajaran yang sedang kamu baca sekarang... ”
Seiring dengan suara bis sekolah datang, lalu aku naik ke bis, mencari tempat duduk yang ada tulisan nama ku di sana (semua tempat duduk udah dikasih nama, biar nggak ada yang rebutan). Aku tetep bengong kaya’ orang yang kesamber gledek pagi-pagi, “Ha?? Adek nya pak Nico yang super sabar, super ramah, super baik, dan banyak fans nya itu guru fisika ku yang paling galak, paling cuek, ga’bisa senyum, dan tidak bisa menerima kesalahan sedikitpun di pelajaran Fisika.... Pak Vico??? ” dalam benakku.
“Pagi-pagi ngelamunin pa’an sih? Sampe segitunya?? ” kata Gween membuyarkan lamunan ku. Aku kaget dan langsung cerita ke Gween tentang hal yang baru aja aku alami.. Gween langsung kaget,“Ha?? Adek nya pak Nico adalah pak Vico??? ” langsung aku tutup mulutnya,“Sssttt.... Jangan kenceng-kenceng ngomongnya, ntar da yang denger khan bisa berabe, Gween…” “Tapi masa’ iya... ” “Udah, ceritanya ntar ja lagi, ni udah mau nyampe sekolah, takutnya banyak orang yang denger ngerti?? ” Gween mengangguk pelan.
Sesampainya di sekolah, aku dan Gween berjalan sambil memikirkan apa yang tadi di bahas di bis, saat perjalanan ke sekolah.
Saat jam fisika tiba, semua murid udah dag-dig-dug jantung nya kaya’ mau copot, maklum, guru yang paling serem se -antero dunia bakalan masuk ke kelas. Namun, bukan guru galak yang masuk, melainkan pak Nico, wali kelas kami, semua anak mendesah lega.
“Anak-anak, hari ini pak Vico berhalangan hadir, karena menghadiri rapat dewan guru, ke kantor pusat....”  “Horeeeee!!!!! ”, teriak anak kelas X B, “Tapi, ujian hari ini tetap dilaksanakan, dengan pengawasan dari bapak, mengerti.... ” “mengerti Pak!!!! ” meskipun ulangan fisika, tetapi rasanya hanya ulangan biasa, dan aku pun dapat mengerjakan ulangan fisika dengan baik.

Sepulang sekolah, seperti biasa aku dan Gween jalan-jalan ke rumah Mr. Joe, untuk melihat perkembangan penelitiannya tentang tanaman.
Ternyata saat itu Mr. Joe sedang mengobati kucing korban tabrak lari di depan rumahnya kemarin sore, kami mendekat. Saat aku melihat kucing itu, aku kaget,“Mayo!!! Mr. Joe, dimana kucing ini kau temukan???” “Di depan rumah, aku tahu ini kucing mu, Mayo, tapi sengaja belum ku kembalikan karena dia masih sakit, dan kalau ketemu sama adikmu, Mayo bisa mati. Tau sendiri kan, sikap adik mu ke Mayo, dia kan paling gemes sama Mayo, jika dia melihat kondisi Mayo kaya’ gini, dia bakalan nangis darah, tubuhnya bakalan di goncang-goncang, dan sakitnya bisa tambah parah. ”
“Iya deh... Tolong sembuhin Mayo ya Mr. Joe... ” Mr. Joe Cuma senyum melihat tampang memelas ku saat menatap tubuh Mayo yang siap diterkam dewa kematian.
Merasa di tempat Mr. Joe cuma menganggu konsentasi saat merawat Mayo, aku dan Gween memutuskan untuk pergi dan mencari acara lainnya.
“Gween, kita mau kemana? Ndak ada acara yang menarik.” kata ku tiba-tiba. Gween kaget mendengar ucapan ku tadi.
“Heh... ada apa Fa?? Maaf tadi aku ngelamun, ini jam berapa? ”
“Jam 14.40, ada apa? ”
“Maaf, aku harus segera pergi”
“Gween !!! ada apa ??? ”
Aku hanya melihat punggungnya menjauh, dia berlari, entah apa sebabnya, apa pun yang menyebabkan Gween begitu pasti masalah yang berat. Soalnya Gween biasanya ceria, dia tidak bisa menunjukkan wajah murungnya.
Hufth.... aku sendiri, kemudian ku putuskan untuk pulang saja, yah... dirumah, itung-itung bantu ibu, siapa tau dapet bonusan, cemilan lebih, atau apalah... yang penting nggak jalan-jalan sendirian di jalan kaya’ gini, cuaca panas lagi.... hhuh... “Apa yang mesti ku katain ke Reifa ya, kalo udah di rumah??... mungkin “Rei, kucing mu kena tabrak lari”, dia bakalan histeris, atau “Rei, kucing mu mati di pinggir jalan”, lho, kan kucing nya belum mati, mungkin “Rei, kucing mu lagi jalan-jalan di London”, gimana caranya, kucing yang punya darah campuran angora, persia, yang punya nenek moyang siam ini pergi ke London??? Lagi pula ngapain juga Mayo ke London...” aku ngomong sendiri kaya’ orang gila, sambil jalan dengan gontai, tanpa ngliatin kanan-kiri….
Lalu....
Duugh!!!! “Eh... maaf, maaf aku tadi nggak lihat kalo ada orang yang lewat....” kata anak laki-laki yang lagi main bola di lapangan kosong, tadinya sih tempat itu mau dijadiin tokonya Mrs. Laurence, tapi orangnya keburu pidah ke New York, jadi tempat itu jadi tanah tak berpenghuni deh....
“Makanya, kalo maen bola, lihat arah pas mau nendang...” omel ku, padahal waktu itu aku juga nggak liat arah aku jalan sih... tapi, nggak papa lah, selagi ada sasaran buat ngilangin suntuk ku...
“Ya udah, yang penting kamu nggak luka kan??” tanya Yuki. Yuki ini kakak kelas ku, dia anak kelas XI A, banyak anak perempuan yang nggak bisa ngedipin mata saat dia lewat.
Sambil ngelus-elus kepala aku langsung tau kalau kepala ku ini nggak mengalami masalah, “Iya, kepalaku masih utuh kok kak.” Aku langsung pergi tanpa mempedulikan anak-anak yang lagi main bola, termasuk yang nendangin bola ke arah ku tadi. Sambil jalan aku mikir lagi, “Kenapa sih, semua anak-anak perempuan mengagumi anak laki-laki yang type-typenya kaya’ kak Yuki, oke sih, dia orang yang sempurna, di mata anak-anak perempuan, tapi, sebenarnya dia itu orang yang dingin, tidak ramah, nggak semua sapaan yang di kasih ke dia terus dijawab, lagian aku udah ngerti hal baik yang dimilikinya lebih sedikit dari hal buruk yang dimilikinya, mungkin karena dia adalah tetangga ku, dan ibunya adalah sobat terbaik ibuku saat ngomongin soal selebritis, ataupun soal barang belanjaan. Hufth....” aku bergumam sendiri nggak karuan. Tanpa sadar aku udah nyampe depan rumah.

“Rumah yang nyaman untuk ditinggali, meski banyak hal yang terjadi untuk ukuran rumah tangga pada umumnya” kata ku dalam hati. Dari dalam terdengar suara yang menunjukkan bahwa ada masalah di dalamnya,
 “Mau sampai kapan kamu kaya’ gini, Rei? Mayo nanti juga pulang...”
 “Enggak, pokoknya Mayo pulang dulu, Rei baru selesai mogoknya, Rei nggak mau, titik.”
Huh.... berat rasanya untuk masuk rumah, di depan pintu masuk aku bingung tentang apa yang mestinya aku katakan pada Reifa nanti, akhirnya ku putuskan masuk, “Biar deh, nanti juga bisa ngomong alesan Mayo nggak pulang”.
“Aku pulang, ” tidak ada yang menyambut ku, seperti bisaanya. Ketika aku masuk ke ruang TV, ada ibu dan adikku yang ssedang di bujuk makan.
“Ada apa sih bu, kok sampai dipaksa makan?” aku pura-pura nanya, padahal aku juga udah tau alesannya.
“Reifa, lagi mogok katanya, sampai Mayo balik lagi.”
“Oh... Mayo... tadi aku liat dia lagi sama kucing tetangga, katanya dia mau refreshing dulu” aku Cuma nyeplos.
“Yang bener kak??? Mayo sama kucing tetangga sebelah!!! Dia bilang nggak mau pulang kapan?” tanya adikku penasaran.
“Nggak tau tuh, aku lupa nggak nanya sama dia, mungkin seminggu.”
“Waaah… seminggu? Seminggu masih lama ya?”
“Iyaph, seminggu tuh dari kamu belajar sepeda sama Ayah, sampe belajar sepeda lagi (dari minggu sampe minggu, soalnya Ayah Cuma punya waktu luang pas hari minggu aja), kamu mau nggak makan selama itu?”
“Emangya kalo’ aku nggak makan selama itu, kenapa?”
“Kamu bakalan jadi kaya’ tulang berjalan… Hiiiiii, mau kamu?”
“Aaaaaaa…. Enggak mau, takut ah! Ibuuu! Reifa mau maem dech, tapi pake ayam madu ya!”
“Iya!” jawab ibu dari dapur. “Ruifa, kamu nggak nakut-nakutin adik mu pake hal yang aneh-aneh kan ??”
Gawat, aku ketauan, “E..e..enggak bu!!”, sebelum di interogasi lebih lanjut, lari ke kamar ahhh......
Dikamar....
Yang bisa aku kerjain cuma mbolak-mbalik buku pelajaran, siapa tau ada PR tak terduga. “Ha!! Aku lupa... besok hari terakhir ngumpulin angket Study Tour, gawat kalau sampai lupa ngumpulin lagi!!” 
“Bu.. minta tanda tangan buat angket Study Tour!!”
“Nanti saja, tanda tangannya Ayah.”
Terdengar suara pintu depan dibuka, lansung saja aku keluar, karena bisaanya saat itu Ayah yang pulang. Sontak aku teriak “Ayah !! aku minta tanda…….” Belum sempat ku selesaikan apa yang ada di benakku, langsung terputus gitu aja,… soalnya yang buka pintu bukan Ayah, tapi orang lain.
“Emmh, maaf apakah ini benar rumah tuan Radix? ” tanya bapak itu dengan sopan
“I..iya, ada apa ya ?” jawab ku gugup.
“Saya utusan dari kantor pusat, ingin menyampaikan sesuatu dari Pak GM.”
“Eh, iya mari masuk, tapi Ayah belum pulang.”
“Terimakasih.”
Aku pergi kedapur dan memberi tau ibu soal tamu yang barusan datang. Ibu langsung menemuinya, dan mereka berbincang tentang sesuatu yang menyangkut pekerjaan Ayahku, aku tak ingin menguping, toh nanti aku juga dikasih tau, mendingan aku main sama Reifa, daripada dia ganggu…
Tak lama kemudian, tamu itu pamitan pulang. “Saya rasa sudah saatnya saya untuk pamitan, terimakasih. Jangan lupa sampaikan pesan dari kantor ke Pak Radix.”
 “Iya, sama-sama. Terimakasih juga karena telah bersedia memberitahukan hal ini kepada kami.”
Tamu itu pun pergi.
Aku melihat ada yang aneh dengan ibuku, tidak bisanya ia berdiri di depan pintu halaman dan melihat tamu kami pergi, benar-benar pergi dan tak terlihat lagi punggungnya. Hal ini menggangu pikran ku, aku terjebak dalam dua pilihan, antara bertanya atau tidak, menanti atau memburu informasi, mengkorek atau diberitahu. Akhirnya ku putuskan untuk langsung tanya ke ibu, “Bu, tadi tamunya ngomong apa sih? Kok ibu jadi aneh gini? Apa Ayah dalam kondisi gawat? Ayah akan dipecat?” ibu hanya memandangku dengan tatapan memberikan teka-teki, ibu hanya memberikan senyumannya yang termanis kepadaku. Aku semakin pnasaran, sepertinya aku dapat feeling yang nggak baik soal sikap ibuku yang berubah drastis, tambahan lagi tiba-tiba ibu masak banyak, bahkan beli bahan makanan tambahan, seisi kulkas dikuras habis, padahal tidak ada yang ulangtahun, tahun baru, atau perayaan yang lainnya. Aku hanya bisa memandang ibuku yang aneh ini. Lalu ibuku mungkin merasa risih saat ku pandangi terus-terusan, “Ayah tidak apa-apa, kerjaannya lancar, nanti juga kamu tau saat Ayah pulang, sabar ya.....”
Aku semakin bingung, daripada aku bengong nggak karuan, mendingan aku telpon Gween.
“Halo, ini Gween?” tanyaku di telepon
“Maaf, ini siapa ya?”
“Ini Ruifa, Gweennya ada?”
“Oh... Non Ruifa, non Gween lagi kena masalah non, baiknya non Ruifa kesini aja, tolong non Gween, tolong non…”
“Ada apa ? Gween kenapa ?”
Belum selesai aku bicara sudah terdengar suara “Tut….tut….tut….” aku langsung mangambil jaket ku dan pamitan ke ibu, “Bu, aku ke rumah Gween sebentar ya!!!”
“Ya, pulang sebelum jam enam ya! Ada berita penting yang akan ibu sampaikan...”
Kata-kata dari ibu tak dapat ku dengar dengan baik, karena yang ada dipikiran ku sekarang adalah Gween.

Sampai di depan rumah Gween, pembantunya sudah menunggu di depan pintu.
“Ada apa sih kok kya’nya darurat banget?”
“Non Gween….” Jawab sang pembantu gemetaran. Aku langsung masuk ke rumah, di dalam aku melihat tante dan om Freeman terpekur di ruang tamu, “Om, tante, ada apa ?” aku melihat ke arah kamar Gween, “Fa, masuklah kedalam”, kata om Freeman pelan.
Aku masuk ke kamarnya, aku kaget “Gween… ada apa ?” aku hanya bisa menatap tubuh Gween yang lemah, dan tak berdaya. Tubuhnya penuh dengan balutan perban, infus tertancap di tangan kanannya, dan sleang darah mengalir ke lengan kirinya. Tanpa ku sadari, air mataku mengalir perlahan ke pipiku.
“Dia kecelakaan, saat dia pulang ke rumah dia tertabrak mobil, dan dia tidak mau dibawa ke rumah sakit. Dia bilang, kalau dibawa ke rumah sakit hanya akan menambah penderitaanya. Gween begini gara-gara kami, kami para orang tua yang terlalu egois.” Kata tante Freeman pelan, ia pun meneteskan air matanya, ketika ia melihat putri sematawayangnya terbaring tak berdaya.

“Kamu kenapa Fa? Dari rumah Gween kok murung?” tanya ibuku saat aku masuk ke rumah.
Ibu mendekati aku, ia mendorongku ke tempat duduk dan membelai rambutku, aku menangis. Sekarang yang bingung adalah ibuku, aku sesenggukan dalam pelukan ibuku.
“Sudah, sebentar lagi Ayah datang, apa katanya kalau melihat kamu menangis kaya’ gini? Udah dong nangisnya”
“Iya...”
“Ihhh.... Kakak udah gede masih nangis. Dasar cengeng. Kakak udah ya nangisnya. Sekarang maem yuk...” celoteh adikku sambil mengelus pipiku. Kata-kata adikku membuat aku tersadar dari sesedihan yang baru saja aku terima. Aku langsung pergi ke kamar mandi untuk membasuh muka ku, supaya lebih segar.

Tepat pukul enam sore....
“Ayah pulang....” terdengar suara Ayah masuk ke rumah, dan ibu menyambutnya.
“Lho, ada apa ini? Kok ibu masak banyak? Mau ada tamu ya?” Tanya Ayah.
“Enggak kok, nanti ibu cerita setelah makan malam.” Ayah juga bingung melihat ekspresi ibu yang demikian bahagia.
Makan malam berlangsung dengan perasaan bingung yang menyertai. Ayah bingung tentang sikap Ibu, Ibu bingung dengan sikap ku, Aku tak tau apa yang sebenarnya ada di pikriran ku. Hanya adikku, Reifa yang makan dengan bahagia, dan tanpa tekanan.
“Seperti yang ibu katakan tadi, ada berita yang ingin ibu sampaikan. Tadi ada tamu yang datang dari kantor Ayah, dan beritanya adalah Ayah mendapat promosi jabatan, menjadi wakil direktur....” kata ibu besmangat.
Ayah yang sedang minum air menyemburkan airnya. “Benarkah? Ada suratnya?”
“Ada, ini suratnya.” Ibu menyerahkan surat itu kepada Ayah. Muka Ayah memerah karena bahagia, ibu juga merasa bahagia, adikku yang belum tau soal apa itu promosi ikut bahagia, aku sebenarnya juga bahagia karena Ayah dapat promosi, tapi disisi lain Gween sahabatku sedang menderita. Aku menutupi kesedihan ku saat bersama keluargaku.
Pukul 23.00, aku masih mendengar Ayah dan ibu berbincang mengenai promosi yang baru saja diterima oleh Ayah, tapi sekarang aku dalam dilema, antara bahagia dan sedih. Akhirnya aku menangis terisak di kamar sendirian, tentang Gween yang sekarat, Orang tua yang bahagia, adik yang tak tau apa-apa.
Lalu aku terlelap dalam mimpiku yang juga merasakan dilemma yang kuhadapi.
ზზზ

Dalam mimpi pun aku tak bisa melupakan apa yang baru ku alami. Aku tak bisa merasa senang, ketika sahabatku dalam kondisi yang memprihatinkan. Disisi lain, aku tak ingin membuat kebahagiaan keluargaku menjadi tak berarti karena aku tak merasa bahagia. Dan aku tak bisa menceritakan tentang Gween kepada ibu, Ayah, ataupun adikku. Lalu terdengar suara ibuku, “Fa.. fa... kamu mimpi apa? Kok sampai teriak-teriak manggil Gween?” aku terbangun dari tidurku. “Eh... tidak ada apa-apa kok bu.” Sangkal ku.
“Kamu jangan bohong, dari pulang dari rumah Gween, ibu perhatikan muka mu terlihat murung. Ayo cerita pada ibu, biar bisa tidur nyenyak.”
Saat itu jam menunjukkan angka tiga, ketika aku menceritakan semua yang terjadi pada Gween. Ibuku hanya memandangi ku dengan lembut.
“Fa, hebat kamu, bisa menyembunyikan hal ini dari Ayah, tapi kamu tidak bisa menyembunyikan kegalauan hatimu dari ibu. Kenapa tidak cerita dari awal?”
“Tadinya aku mau cerita, tapi waktunya nggak tepat bu, lagipula semua lagi senang, aku nggak mungkin ngobrak-abrik suasana yang udah baikkan bu...” kataku sambil meneteskan air mata. Ibuku hanya tersenyum dan mengusap rambutku. “Fa, besok mau jenguk Gween?”
“Tapi, acaranya Ayah gimana bu?”
“Udah, nanti biar ibu yang bilang ke Ayah. Ayah pasti ngerti kondisimu..”
“Eh.. emangnya ada apa bu? Kok ibu bisa bilang Ayah pasti ngerti kondisi ku?”
“Soalnya Ayah dulu pernah ada di posisi mu sekarang, bedanya waktu itu kakek tidak dapat promosi.”
“Maksudnya???” tanyaku bingung. Lalu ibu mulai cerita.
“Waktu itu, kira-kira bulan februari, ketika gerimis datang. Ayahmu baru pulang dari main bola bersama sahabatnya, namanya Ben. Saat perjalanan pulang, Ben tiba-tiba berlari pulang, Ayah pulang sendirian. Keesokan harinya Ayah ke rumah Ben untuk mengajaknya main bola, tapi, setibanya di sana Ayah mendengar suara keras pertengkaran kedua orangtua Ben, tak lama kemudian Ayah melihat Ben keluar rumah, diikuti Ayah Ben di belakangnya. Ayah yang waktu itu tak tau apa-apa ikut mengejar, Ben terus berlari tanpa melihat arah ia berlari, Ayah Ben kehilangan jejaknya, dan tau kalau Ayahmu mengikuti dari belakang. Ayah Ben meminta bantuan Ayahmu untuk mencari Ben. Mereka menemukan Ben di lapangan yang bisaa dipakai untuk bermain sepak bola. Saat Ben melihat Ayahnya, ia berlari kembali, kemudian ada bus yang melaju kencang di jalan itu, Ben tertabrak tepat di depan mata Ayahmu dan Ayah Ben. Sampai di rumah sakit, Ben kemudian menghembuskan nafas terakhirnya. Ketika pemakaman Ben, Ayahmu tak bisa datang, karena saat itu pula seluruh keluarga sedang bahagia, adik Ayahmu lahir. Ayah tak bisa melakukan apapun untuk temannya, dan Ayah tak bisa memunjukkan wajah bahagianya saat adiknya lahir. Ayah harus menyembunyikan wajah sedihnya di depan seluruh anggota keluarga. Dan kau tau bagaimana rasanya. Ayah merasa tertekan selama beberapa hari, sampai akhirnya Ayah menceritakan semuanya pada nenek. Barulah Ayahmu merasa lega.”
“Tapi bagaimana ibu tau semua ini? Apa Ayah yang cerita ?”
“Tidak, Ayahmu bukan type orang yang suka menceritakan masa lalunya yang kelabu.”
“Lalu ?” ibu mengeluarkan selembar foto dari sakunya.
“Kau lihat tiga anak yang ada di foto ini?”
“Iya, memangnya kenapa dengan foto ini?”
“Anak laki-laki yang memakai baju biru ini Ayahmu, anak laki-laki yang memakai topi hijau ini Ben, dan anak perempuan ini adalah ibu. Dulu kami teman yang baik,        tapi... semuanya retak ketika Ben meninggalkan kami. Dan sebenarnya ada yang tak diketahui Ayahmu, Ben tidak hanya tertabrak didepan mata Ayahmu dan Ayah Ben, tetapi juga di depan mata ibu. Waktu itu Ben berlari melintas di depan rumah ibu, lalu ibu menyusulnya, tiba-tiba, kecelakaan itu terjadi.”
Aku melihat butiran bening siap jatuh dari sudut mata ibuku, aku tak bisa membayangkan jika aku ada di posisi ibuku. Aku pasti syok berat. Saat itu yang kami lakukan hanya memandang foto itu, ibu menyelami masa lalunya, dan aku membayangkan seandainya itu adalah fotoku dengan Gween, ahh... aku tak berharap Gween pergi dari ku seperti paman Ben.
Pukul lima pagi aku membantu ibu bersih-bersih dan memasak.  Kemudian aku mandi dan persiapan ke sekolah, aku ingin berangkat pagi dan mampir ke rumah Gween.
Saat aku mampir ke rumah Gween, tak ada perubahan yang baik dari Gween, aku diminta oleh ibunya Gween untuk tetap menemaninya, siapa tau ada kemajuan pada Gween, aku langsung menyetujuinya.
Sesampainya di sekolah, aku tak bisa konsentrasi dalam pelajaran ku. Aku di benakku hanya tentang kondisi Gween yang parah. Jam istirahat pun aku hanya terpaku melihat meja Gween yang kosong. Ketika itu ada dua anak yang paling menyebalkan datang padaku untuk meledekku. “Lihat Cyntia, ada seorang yang baru sendirian, dimana ya yang seorang lagi?” kata Claudi. “Entahlah, di suratnya tertulis kata ‘sakit’, tapi mungkin di luar sana dia sedang bersenang-senang.” Cyntia menambahi. Lalu mereka tertawa terbahk-bahak. Aku berfikir dari pada aku menanggapi hal yang tidak penting aku mending ke ruang UKS, disana aku bisa cerita dengan guru kesehatan tentang pemulihan pasca kecelakaan. Ternyata sebelum aku melewati pintu kelas bel telah berbunyi, jadi aku tak jadi ke UKS dan kembali ke tempat dudukku.
Saat pelajaran terakhirpun aku diam-diam mencuri pandang ke meja Gween yang kosong. Tiba-tiba aku merasa meja itu akan kosong untuk selamanya, saat itu perasaan ku benar-benar tidak enak. “Ya Allah, semoga tidak terjadi hal buruk pada Gween, tolonglah sahabatku ya Allah..” do’aku dalam hati.
Bel tanda peljaran berakhir berbunyi. Aku cepat-cepat memberesi alat tulis ku dan segera ke rumah Gween. Namun, ada suara yang menahan ku, “Ruifa, tadi kenapa kamu ngelamun dari jam pertama sampai jam terakhir? Kamu juga nggak konsentasi ke pelajaran, lagian hari ini kamu aneh banget, apa ada hubungannnya dengan Gween?” tanya Kevin yang nylonong ada di depan ku. “Jelas ada, kalau kamu mau introgasi, bukan sekarang waktunya.” Jawabku singkat. “Kamu mau kerumah Gween? Aku disuruh pak Nico nengok Gween, taukan tugas ketua...” kata Kevin,
 “Ayo, nunggu apa lagi?”
ზზზ
 “Vin, perasaan ku kok nggak enak gini ya?” kata ku waktu kami di depan rumah Gween.
“Tadi kamu kan yang nyuruh jalan cepet-cepet, sekarang udah sampai malahan kamu yang punya perasaan nggak enak, nggak lucu ah Fa..” sergah Kevin lalu menyeret tanganku untuk segera mengetuk pintu.
“Selamat siang kami.......” belum selesai Kevin ngomong, udah dipotong sama pembantunya Gween.
“Non Ruifa... Akhirnya datang juga!” kata sang pembantu gemetaran. Aku yang bingung langsung masuk kekamarnya Gween dan meninggalkan Kevin,
di kamar Gween Om dan Tante Freeman udah nangis, aku mendekati om dan tante, “Om, Tante, ada apa?”  “Gween pengen ngomong sama kamu, mendekatlah...” kata tante sambil nangis.
Aku mendekat dan Kevin masuk lalu mendekat ke Gween pula. “Gween, ini aku Ruifa, apa yang mau kamu omongin?”
“Ruifa, maaf, aku nggak bisa bermain dengan mu lagi. Mungkin kemarin adalah hari terakhir kita bermain bersama.” Kata Gween lemah.
“Gween, kamu jangan ngomong gitu. Kita....” belum habis kalimat ku, Gween memberi isyarat padaku bahwa ia tak ingin aku mengatakan apapun ketika ia sedang bicara.
“Fa, jalan ku hampir buntu. Aku mau kamu mencari teman atau bahkan sahabat baru setelah kepergian ku. Karena aku tau, kamu nggak bisa kalau nggak ada yang mengingatkan mu soal PR yang diberi guru, masalah tali sepatu yang belum kau ikat, makan siang kau pun harus diingatkan, buku pelajaran kau suka lupa, kalau kau tak punya sahabat yang mengingatkan mu tentang sikap mu yang salah, atau mengenai keuangan mu yang boros, kau bisa apa?” kata Gween dengan nafas setengah terputus.
“Makanya kamu jangan pergi. Aku nggak akan nyari sahabat lagi. Seumur hidupku sahabatku Cuma satu, Gween, kamu ngerti kan. Kalau kamu pergi, nggak akan ada yang mengingatkan aku tentang yang kamu omongin tadi. Selamanya, ngerti!!” aku berkata sambil terisak.
“Gween, kamu harus sembuh, sembuh... apapun caranya, kamu harus sembuh.” Tambah ku.
“Ruifa, terimakasih sudah menjadi sahabat seumur hidupku, dan stu-satunya. Terimakasih. Kamu disini Kevin?” katanya dengan senyum yang berat.
“Iya, Gween... ada apa?” Kevin lalu mendekat.
“Vin, tolong jaga Ruifa, ya. Dia belum bisa mandiri di sekolah, dia masih butuh banyak bantuan.”
“Iya.”
“Kevin, tolong lupakan masalah tiga bulan lagi ya. Aku tau kamu sudah menyukai Ruifa dari SMP. Makanya kamu bersikap dingin padaku. Mulai sekarang, kamu mesti jaga Ruifa baik-baik.”
“Gween, kamu ngomong apa sih!!” kata Kevin tiba-tiba.
“Vin, kamu nggak berani ngomong sama Ruifa kan, makanya sekarang aku yang bakalan ngomong. Fa, Kevin suka sama kamu, sudah dari SMP. Setelah aku pergi, kalian nggak boleh menyesali ataupun merasa bersalah sama aku tentang apa yang sudah terjadi. Aku mau kita bertiga punya foto kita bertiga, sebenarnya ini adalah keinginanku dari dulu tapi belum kesampaian.”
Kami menghapus air mata dan foto bertiga, sesaat setelah foto diambil, Gween meninggalkan kami semua. Seolah-olah nyawanya terenggut dalam foto itu, ia sekarang benar-benar pergi.... untuk selamanya......
ზზზ

Hari itu adalah saat terakhir ku melihat Gween, ketika pemakaman menjadikan perpisahan yang nyata, nisan menjadi satu-satunya hal yang tampak dari Gween. Sungguhpun aku tak berfikiran sedemikian rupa, sahabatku meninggalkan aku, ketika masa yang menjadi masa terbaik kami.
Sewaktu kami masih duduk di bangku SMP, kami masuk kelompok pecinta tanaman bersama, meski kami dari kelas yang berbeda, kami sangat akrab. Menjelang kelulusan, kami berjanji untuk masuk ke SMA yang sama, dan itu terjadi, kami sekelas, dengan SMA yang sama.
Awal masuk SMA, kami janji masuk Club penelitian, itupun telah terjadi, “Tapi, Gween bagaimana dengan janji untuk masuk universitas yang sama lagi? Kau sudah tidur tenang, tak bisa lagi menepati janji yang kau buat..” kata ku pada nisan Gween.
Seminggu setelah pemakaman Gween, aku mulai terbisaa dengan kepergian Gween. Aku mulai tegar, saat aku merindukan Gween, aku bisa mengunjungi makamnya, om dan tante pun sudah bisa melepaskan Gween. Tapi, aku dan Kevin masih menjaga jarak, aku belum paham tentang apa yang dibicarakannya di saat-saat terakhirnya. “Ah... sudahlah... biarkan semua mengalir apa adanya, Gween...” kataku dalam hati.

Setelah pulang dari sekolah, Kevin memanggilku.
“Fa, setelah ini ada acara?” tanya Kevin yang menyusulku dari belakang.
“Emmmh... enggak ada apa?”
“Aku pengen ngomong sesuatu, mengenai apa yang di bilang Gween.”
Aku kaget, lalu kami mencari tempat yang nyaman untuk bicara.
“Fa, yang dikatakan Gween itu memang benar.” Katanya membuka pembicaraan.
“Maksudnya soal sikap kamu yang dingin pada Gween atau.....”
“Keduanya, kau ingat saat Gween tiba-tiba masuk ke club sepak bola empat bulan lalu?”
“Iya, katanya dia punya saudara di club, dan dia di suruh Ayahnya untuk mengawasinya, jadi aku nggak keberatan, dia pindah ke club lain.”
“Jadi itu yang dia katakan padamu.” Kevin tersenyum tipis.
“Maksud mu? Kenapa bicara begitu?”
“Aku akan cerita semuanya, karena Gween sendiri yang memintanya.”
“Tiga bulan yang lalu, setelah pertandingan antar sekolah selesai, dan sekolah kita keluar sebagai pemenangnya, Gween menyatakan perasaannya padaku sore hari ketika kami pulang bersama. Kebetulan jalan pulang kami sama, ketika itu pertanyaanya tidak langsung aku jawab, dan kami berjanji akan bertemu lagi tiga hari kemudian setelah latih tanding selesai.
Hari yang dijanjikan pun tiba, kami bertemu di tempat ini, dia duduk di tempat mu duduk sekarang, sambil menatap langit sore, aku bertanya pada Gween apa alasannya masuk ke club. Dia menjawab, alasnnya masuk ke club adalah diriku, dia menyukai aku dari SMP, aku hanya tersenyum mendengarnya, setelah itu, aku tak berkata apapun.
Senja kian menepi, kami tetap terdiam dalam beberapa saat. Kemudian dia berkata, “Apakah Ruifa yang membuatmu terdiam begini?” aku hanya memandangnya sekilas karena ku pikir dia akan mengatakan hal yang penting. Setelah itu, aku kembali tersenyum dan menatap langit sore yang tak ada mendung yang datang, aku berfikir, “aku tak boleh menciptakan mendung hari ini”, tak lama kemudian aku menjawab pertanyaannya, aku hanya berkata, “telah ada seorang gadis yang menjadi perhatian ku sejak SMP, namun tak ku utarakan perhatian ku padanya, karena aku belum siap menerima perubahan dari pretemanan kami selama ini”, Gween telah tau siapa yang kumaksud, karena dia sempat membaca buku ku di halaman terakhir. Entah mengapa setiap hlaman pertama dan terakhir di buku ku seolah-olah menjadi tempat bagi seseorang, dan aku yakin ada seseorang yang akan menulis disana. Dan itu terjadi.” Cerita Kevin pada ku.
“Siapakah yang menulis di halaman terakhir?” tanyaku.
“Dia ternyata orang yang menjadi perhatian ku sejak SMP, dan menjadi orang pertama yang menjadi temanku sejak aku datang ke kota ini. Kau lah orangnya.”
“Aku? Bagaimana bisa?”
“Tentu saja, saat melihat halaman pertama buku ku yang kosong selalu kau yang menuliskan identitasku di halaman pertama, dan ingatkah kau ketika kita belajar bersama untuk  matematika, dan kau kehabisan kertas untuk sekedar corat-coret? Kau menggunakan buku ku di halaman terakhir untuk menghitung. Konyol mungkin.” Dia tersenyum di akhir pembicaraannya. Aku hanya diam, dan tak bisa mengatakan sesuatu. “Dan, ada sebuah rahasia yang disembunyikan Gween dari mu, Fa.” Tambah nya.
“Apa itu?” hanya kata itu yang bisa keluar dari mulutku.
“Leukemia. Gween mengidap leukemia. Itu baru ku ketahui satu minggu sebelum kematiannya. Dan kecelakaan itu sebenarnya tindakan bunuh diri Gween, karena ia telah  jenuh dengan kedua orang tua yang terus bertengkar, dan penyakit yang bersarang di tubuhnya. Sepertinya Gween tidak mau di bawa ke rumah sakit karena ia tidak mau orang tuanya tau bahwa ia mengidap Leukemia. Orangtuanya pun baru tahu penyakit putrinya sehari setelah kematiannya.”
“Bagaimana kau tau penyakit Gween?”
“Waktu itu tanpa sengaja aku melihat secarik kertas di meja Gween, dan berisi resep obat. Ku tanyakan pada petugas di UKS, ternyata itu obat untuk Leukemia.”
“Ya, Allah.... Gween.... Kenapa tidak cerita pada ku….” Tangis ku mulai pecah.
“Dia tidak ingin membebani siapapun.” Kata Kevin sambil mengulurkan saputangan kepada ku.
Setelah aku berhenti menangis aku pulang, ibuku merasa aneh dengan sikapku. Tapi ibu membiarkan aku sendirian, karena saat itu aku butuh waktu ku sendiri, dan ibuku tau persis itu.
Di kamar, aku hanya melamun dan berusaha tak memikirkan apapun. Hanya pikiran-pikiran tentang Gween yang memenuhi pikiran ku. Ketukan pintu kamar ku membuuyarkan lamunanku, “Boleh Ibu masuk?” kata ibu di ambang pintu kamarku. “Masuklah bu, aku juga ingin cerita tentang masalah ku saat ini.”
Ternyata setelah aku cerita semuanya ke ibuku, aku merasa sedikit lega dan merasa lebih tenang, satu kalimat dari ibuku yang menentramkan aku, “Gween mengambil langkah itu karena ia berfikir itu yang terbaik bagi semua orang. Coba bayangkan, seandainya ia tak mengambil keputusan seperti ini.”
“Benar juga yang dikatakan ibu, seandainya Gween tidak menyembunyikan penyakitnya itu, pasti ia akan dirawat intensif dan tidak bisa menyatakan perasaannya ke Kevin, meskipun yang terjadi tak seperti yang Gween harapkan.” Pikirku, saat aku memandang foto kami bertiga yang diambil semenit sebelum Gween meninggal. “Apakah sudah takdir, orang yang baik mesti mati duluan?”
ზზზ
Sebulan berlalu, aku benar-benar telah menerima kepergian Gween, dan aku telah kebal dari ejekan Claudi dan Cyntia. Karena aku tau, syatu saat kami pasti akan bertemu kembali dalam keadaan yang abadi. Ketika kami semua tlah menjadi roh, dan menjalani kehidupan setelah kehidupan di dunia. setelah menebus segala dosa.
Hari itu sangat cerah, aku memutuskan berkunjung ke makam Gween. “Gween, lihatlah hari ini sangat cerah. Dan kau tau, hari ini ada hal yang mengherankan hatiku. Entah kenapa hari ini pak Vico, guru Fisika kita yang paling serem itu menebar senyuman ke segala penjuru. Mungkin ada yang membuah hatinya bahagia hari ini.” Kataku pada nisan Gween. “Seandainya kau ada di sana dan melihat sendiri, Gwen, apakah kau nyaman disana? Semoga iya. Gween, ini ku bawakan bunga Lotus kesukaanmu. Kau tau, kau mirip sekali dengan bunga Lotus ini, ia hidup di kubangan lummpur yang kotor, tapi justru itu yang membuat dia harum. Semakin buruk lumpur tempat ia hidup, semahin semerbak wanginya. Kau juga seperti itu, baik di sekolah, di tempat les, ataupun di rumah, kau selalu menjadi penengah dalam kekisruhan yang ada, kau menenangkan petengkaran, dan menciptakan kenyamanan hidup antar umat manusia yang terjebak dalam kacaunya dunia.” aku menatap langit sekitar, ada angin sepoi-sepoi lewat, ku rasa itu Gween, ia mendengar apa yang ku katakan, seolah-olah ia ingin aku menganggapnya seperti angin sepoi yang barusaja lewat.
“Gween, hari sudah sore, aku harus pulang, kita ketemu lagi kapan-kapan ya....” kata ku berpamitan dengan Gween yang tinggal dalam dinginnya tanah sekarang.

Sesampainya di rumah.....
“Kenapa ramai sekali? Apa ada tamu yang datang?” aku mendengar banyak suara dari dalam, sepertinya semua tertawa. “Aku pulang.” Aku masuk ke rumah dan aku melihat kedua orangtua ku bersama orang dari kantor Ayah, tapi aku tak tau siapa mereka. Aku langsung masuk ke kamar ku untuk istirahat, ada Reifa disana, “Rei, ada apa sih?” tanya ku pada Reifa “Tidak bisaanya ramai begini....”
“Itu tamunya Ayah, sama Pak Direktur. Tapi nggak tau ngapain, tadi aku Cuma disuruh ibu masuk kamarnya Kak Rui.” Jawab adikku polos.
Aku menaruh tasku di meja, dan ganti pakaian. Yang dapat ku lakukan saat ini hanya duduk sambil mengamati Reifa yang sedang mewarnai dan menulis, entah apa yang ada di pikiran adikku, tampaknya ia tak ingin diganggu pada saat-saat seperti ini. Lalu aku ingat, barang yang diberikan ibunya Gween hari sabtu lalu, aku membukanya. Isinya adalah sebuah novel yang dibuatnya sendiri, judulnya ‘Merpati Tenggelam di Senja Musim Panas’. Setelah ku baca sedikit di bagian depan, aku tau isi novel itu adalah kehidupan yang sebenarnya diinginkan oleh Gween. Aku menutup novel itu dan turun ke dapur. “Ibu, tadi ada apa sih? Kok ribut banget?”
“Direkturnya Ayah sama Pak Manager.”
“Nagapain bu?”
“Cuma cerita-cerita.”
“Masa’ cerita-cerita sampai kaya’ gitu?”
“Besok juga tau.” Kata ibu sambil senyum ke aku, “Udah, tolong potong kentangnya, menu makan malamnya sup kentang ya...”
Hufth, aku mulai bingung lagi nich, aku tanya ibu nggak dijawab, berarti tanya Ayah juga sia-sia, tanya Reifa.... mustahil dia tau. “Sabar Fa!!! Ntar juga dikasih tau....” aku berusaha menyabarkan diri.
Kata orang, kalau sabar, pasti umurnya panjang, ku pikir umurnya setidaknya lebih panjang daripada orang baik, huh.. aku ingat Gween lagi.

Siang hari ketika aku baru sampai rumah sepulang sekolah, ternyata Ayah sudah pulang, ada sepatunya di rak sepatu, ku pikir siang itu aku bisa bebas dari Reifa karena Ayah sudah pulang, jadi aku bisa ke makam Gween.
“Bu, apa Ayah sudah pulang? Kalau gitu, aku pergi ya!”
“Nggak usah, tunggu Ayah pulang dari belanja sama Rei, kamu nggak mau ketinggalan beritakan?”
“Berita apa bu?” aku semakin bingung.
“Nanti juga tau.”
Kemudian....
“Ayah pulang.... Rei juga pulang.....”
Aku langsung tanya sama Ayah, “Yah, ada apa sih? Buruan kasih tau, aku mau ke tempat Gween.”
“Iya, sabar dong, sini duduk dulu.”
Aku duduk di samping Ayah. “Ada apa sih?”
“Ayah tidak tau apakah kau senang atau tidak dengan berita ini.”
“Makanya, cerita, kalau Ayah nggak cerita mana aku tau, aku suka apa nggak….”aku tambah penasaran.
“Rui, tau kalau ayah sekarang sudah jadi wakil direktur?” aku mengangguk, “Ternyata bukan wakil direktur di kantor cabang, tapi di kantor pusat. Kita harus pindah ke Tokyo. Selain itu, ibu juga dapat undangan wawancara disana.”
“Jadi, Ayah kerja di Tokyo sebagai wakil direktur, dan ibu kalau lulus wawancara jadi desainer di Tokyo juga? Dari sekian tempat kenapa mesti Tokyo sih? Emangnya nggak ada tempat lain?”
“Ya… Gitu deh….”
“Hufth… ya udah kapan pindah? Apa nggak nunggu aku kenaikan kelas, kan tinggal tiga bulan lagi?”
Ayah menggeleng, dua hari lagi kami pindah. Saat itu aku tak berfikiran akan berpisah dengan sahabatku, aku lalu pergi ke makam.
Sampai disana, aku cerita tentang kepindahan ku ke Tokyo pada nisan Gween, ketika itu juga, datang angin kencang, setelah angin itu pergi baru aku sadar, kalau aku pindah, aku tak bisa ketemu Gween, aku dan Gween tidak hanya terpisah antara hidup dan mati saja, tapi juga tempat, waktu, dan segalanya.
“Gween, apakah aku bodoh? Apa aku sudah tak ingat padamu? Gween, kenapa aku setuju pindah? Gween……” saat itu waktu serasa berhenti dan aku hanya bisa menatap nanar pada nisan di depan matakku. Air mata ku meleleh hingga ke pipiku, hari itu aku benar-benar tak ingin pulang, aku tak berharap pergi dari tempat ini, waktu ini, kota ini, dan Gween. Aku duduk di samping nisan itu dan berharap waktu tak akan pernah bergerak. Nafasku sesak, dan tak ada yang bisa ku lakukan, aku terlanjur mengatakan iya pada kepindahan kami, tanpa berfikir akan perpisahan diantara kami, “Gween, apa yang harus ku lakukan??” penesalan ku pada Gween, aku telah berjanji pada Gween, aku tak akan membuat pepisahan yang telah terjadi menjadi benar-benar nyata. Lalu terdengar suara berat yang sudah akrab ku dengar,
“Fa, kamu disini sudah tiga jam, nggak capek?” Kevin ternyata mengamati aku sekian lama.
“Eh.. enggak, aku nggak papa kok.” Jawab ku singkat.
“Kamu nangis?”
Aku hanya bisa diam dan diam. Aku nggak bisa mengatakan apapun tentang kondisiku, tentang apa yang ku rasakan, tentang segala hal yang menyesakkan dada. Aku akan pingsan seandainya saat itu ada angin seperti saat Gween menyadarkan ku dengan kepindahan ku.
“Gween akan baik-baik saja disana.” Kata Kevin perlahan, aku menyandarkan kepalaku ke nisan Gween dan menangis sejadi-jadinya, seolah aku mengeluarkan semua air mata ku. Kevin hanya terpaku melihat sikap ku yang demikian aneh.
“Untuk apa kamu kesini Vin?” tanya ku kemudian.
“Aku melihat mu jalan kearah sini, jadi ku ikuti. Dari awal aku sudah lihat kamu ngomong sama Gween.”
“kamu denger yang aku omongin?”
“Enggak. Aku tau privacy anak perempuan banyak, jadi aku nggak berani nguping.”
Setelah Kevin selesai bicara, aku berdiri untuk segera pulang, tapi.... Angin seepoi datang, menghebus dedaunan kering dari pohon dan menerbangkannya, saat itu ku lihat bayangan Gween memandangku dari kejauhan, aku ingin mendekatinya, baru beberapa langkah, aku jatuh. Setelah sadar, aku berada di kamarku, wajah ibuku pucat, ada Kevin disana, “Aku kenapa?” tanya ku lemah.
“Tadi kamu pingsan di makam Gween, sebenarnya apa sih yang terjadi?” tanya Kevin.
“Enggak ada, aku Cuma inget masa lalu waktu Gween masih hidup. Bu, aku besok, lusa, dan kapan pun masih bisa ketemu Gween kan?” tanyaku pada ibu. Namun, ibuku hanya menatapku memelas.
“Udah, kamu istirahat dulu.”kata ibu.
Kevin dan ibu meninggalkan aku di kamar, tak lama kemudian ku dengar Kevin pamitan. Lalu aku turun,
“Kalau kamu nggak mau pindah, kamu tinggal bilang ke Ayah, maka kita nggak akan pindah. Karena nggak mungkin kamu ditinggal sendirian disini, sedangkan kami di Tokyo.” Kata Ayah
“Aku nggak papa kok yah, seandainya aku disini, aku hanya akan menambah beban kalian. Dan aku nggak mau itu.” Kata ku, kemudian aku berlalu, masuk kembali ke kamarku dan memberesi semua barang-barangku. Rasanya aku nggak akan jadi diriku selama aku berada di Tokyo nanti, aku akan berubah dan tak akan menampakkan siapa dan bagaimana diriku yang sebenarnya, nggak akan pernah. Saat itu mungkin saja aku sudah gila, pikiran ku kacau, perasaan ku entah dimana, hatiku t’lah hacur, dan naluriku berkata ‘jalani apa yang ada di depan mu Ruifa’.
ზზზ
Siang hari di sekolah, yang merupakan hari terakhir ku untuk berada di sana, dan tak ada yang tau bahwa mereka tak akan melihatku besok. Aku tidak langsung pulang ke rumah, aku ke makam Gween untuk yang terakhir kalinya, saat itu aku tak membawa apapun, dan tak mengatakan apapu pada Gween yang t’lah tidur nyenyak. Yang ku lakukan hanya memandang nisannya, semua kata ku habis, tak ada lagi yang harus ku ungkapkan pada Gween, lagi pula Gween pasti tau isi hatiku. Tanpa ku sadari, hari t’lah menjadi senja, satu kalimat yang ku ucapkan, “Gween, selamat tinggal, entah kapan kita akan bertamu kembali, kalau kau sempat, tolong temui aku dalam mimpiku setiap malam agar aku tak melupakan mu.” Hanya itu yang bisa keluar dari mulutku yang kering, karena sejak siang aku tak makan atau minum apapun. Di jalan pulang, aku bertemu dengan Kevin, aku berhenti sebentar dan melempar senyum termanisku padanya, kemudian aku berlalu, dan tak mempedulikan Kevin yang mungkin bingung dengan sikap ku, “Kevin maaf, hanya itu yang bisa ku berikan sebagai tanda perpisahan kita.” Kata ku dalam hati, dan aku pun meneteskan air mata ku di saat tarakhir di tempat yang penuh kenangan ini.
Sampai dirumah, aku memandang Ayah, ibu, dan adikku dengan tatapan tanpa beban, setelah makan malam, kami berangkat ke Tokyo.
Ketika pesawat kami akan take off, aku berkata dalam hati, “Gween, kini kita benar-benar terpisah.... entah sampai kapan kita akan bertemu kembali.” Seiring pesawat meninggalkan landasan, saat itu juga ku tinggalkan semua kenanganku bersama sahabatku.... Gween....
ზზზ

Finish……

1 komentar: